Rombongan Peserta KMAN VI dari Kalimantan, Menginap di Kampung Putali

Rombongan Peserta KMAN VI dari Kalimantan, Menginap di Kampung Putali

Oleh Aeron Ian Monim

Peserta dari Kalimantan Barat, sangat senang dengan sambutan dan pelayanan dari Masyarakat Adat Papua di Kampung Putali, Kabupaten Jayapura, Papua. Kampung Putali tak hanya menjadi salah satu lokasi sarasehan dalam rangkaian acara Kongres Masyarakat Adat Nusantara Keenam (KMAN VI), tetapi juga menjadi tempat tinggal sebagian peserta.

Ada sebanyak tiga peserta KMAN VI dari Kalimantan Barat (Kalbar) yang menginap di Kampung Putali. Mereka merasa senang dengan sambutan dan pelayanan dari Masyarakat Adat Kampung Putali. Itu terlihat dari tanggapan salah satu peserta saat dijumpai di Obhe Enakhouw di Kampung Putali.

Mengatakan “Kita menginap di Kampung Putali cuma satu hari setelah selesai yo riya (sarasehan),” kata Adriyawan Hudang, seorang peserta KMAN VI dari Kalbar. Ia mengatakan kalau pada hari kedua, mereka akan kembali ke Sentani.

Saya bertanya bagaimana perasaannya menginap semalam di Kampung Putali.

Ia bilang kalau itu luar biasa aman dan nyaman. Sambutan dan pelayanan dari Masyarakat Adat Kampung Putali, membuat mereka merasa seperti keluarga,  sehingga mereka senang bisa menginap di sana.

Rombongan KMAN VI dari Kalimantan, berfoto bersama dengan para pimpinan dan tokok Masyarakat Adat dari Papua. Sumber foto: Dokumentasi AMAN.

***

Penulis adalah jurnalis Masyarakat Adat Papua.


Leave a Reply

Your email address will not be published.