Masyarakat Adat Hele Wabhouw Turut Sukseskan KMAN VI

Masyarakat Adat Hele Wabhouw Turut Sukseskan KMAN VI

Oleh Alusin

Sarasehan yang diselenggarakan di Kampung Sereh, Kabupaten Jayapura, Papua, – sebagai rangkaian Kongres Masyarakat Adat Nusantara Keenam (KMAN VI) – berlangsung dengan susunan acara, meliputi pembukaan, doa yang dipimpin oleh Pendeta Albert Suebu, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars AMAN, pembukaan oleh Ondofolo Kampung Sereh Bapak Yanto Eluay, acara inti sarasehan (pemaparan dan diskusi), serta penutup.

Saat pembukaan berlangsung, Ondofolo Kampung Sereh Bapak Yanto Eluay memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah serta mengucapkan banyak terima kasih kepada para narasumber dan 150 peserta hadir dalam sarasehan di Kampung Sereh pada 25 Oktober 2022.

Bapak Yanto Eluay mengatakan bahwa Kampung Hele Wabhouw terletak di Kampung Sereh, salah satu kampung dri 139 kampung di wilayah Kabupaten Jayapura. Jumlah masyarakat yang ada di kampung itu mencapai lebih dari 6.000 penduduk.

Ia bilang kalau masyarakat yang berdomisili di Kampung Sereh serupa miniatur Indonesia sebab ada orang-orang dari berbagai provinsi di Indonesia yang hidup dan tinggal secara baik dengan saling menghargai, menjaga, dan mengormati.

“Atas nama seluruh Masyarakat Adat Kampung Sereh, saya selaku kepala kampung atau disebut ondofolo, panjatkan puji syukur atas nama Tuhan yang Maha Pencipta langit, bumi, manusia, dan juga leluhur. Saya secara resmi buka sarasehan ini,” ucapnya.

***

Penulis adalah jurnalis Masyarakat Adat Papua.


Leave a Reply

Your email address will not be published.